Biaya Pembuatan PIRT

Biaya Pembuatan PIRT

23 February 2022, Pukul 09:28
Admin
0 Komentar

Komponen Biaya Pembuatan PIRT, Pengusaha UMKM Wajib Paham

Bagi Anda yang baru saja mencoba menjadi pengusaha UMKM, jangan melupakan mengurus izin usaha. Apabila skala kecil, tentu saja yang menjadi pertanyaan adalah berapakah biaya pembuatan PIRT? Hal ini sudah pasti menarik perhatian Anda karena harus menganggarkan secara khusus agar segera mendapatkan izin PIRT. Jika usaha Anda mengembangkan produk pangan, tentu sangat prinsip untuk mengurus perizinan. Izin Produk Industri Rumah Tangga atau PIRT, merupakan suatu sertifikat legalitas tertulis. Di dalamnya terdapat jaminan bahwa usaha pangan tersebut sudah berproduksi sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Besarnya Biaya Pembuatan PIRT

Apabila Anda berencana mengurus sendiri perizinan PIRT, pasti perlu mengetahui berapa besarnya biaya pembuatan PIRT. Nyatanya, tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengurusnya, karena pemerintah menggratiskan semua prosedur perizinan tersebut. Tinggal mengurus pada instansi terkait, yaitu Dinas kesehatan tingkat kabupaten atau kota. Kemudahan yang diberikan oleh pemerintah tersebut merupakan angin segar bagi pelaku UMKM di masa pandemi ini. Tak pelak lagi ketika gelombang PHK menghantam, banyak yang beralih menjadi pengusaha skala rumah tangga. Hal ini juga merupakan suatu upaya pemerintah untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi ini.

Uji Sampel Laboratorium

Secara prinsip, memang tidak ada biaya pembuatan PIRT sama sekali. Namun, Anda hanya akan mengeluarkan biaya, jika untuk mendapatkan izin PIRT memerlukan hasil uji sampel laboratorium bahan baku produk. Pemohon akan menanggung semua biaya untuk melakukan uji laboratorium. Jumlah biayanya pun beragam. Bergantung pada jumlah, jenis, tingkat kesulitan, dan prosedur saat uji sampel di laboratorium. Berdasarkan ketentuan, mungkin ada beberapa item pengujian laboratorium untuk satu produk. Hal ini juga akan memengaruhi biaya uji sampel pada laboratorium pengujian keamanan pangan.

Biaya Pembuatan PIRT Di luar Prosedur Prinsip

Namun demikian, Anda harus dapat mencermati pengeluaran biaya pembuatan PIRT yang tidak terkait dengan perizinan, meskipun merupakan persyaratan. Misalnya, disyaratkan kemasan yang higienis atau harus memenuhi syarat tertentu, jelas Anda harus mencarinya yang mungkin menjadi pengeluaran ekstra. Biaya lainnya yang harus ada, tetapi bukan merupakan prosedur perizinan adalah mengenai pengajuan beberapa dokumen, misalnya biaya pengadaan persyaratan berkas. Misal, jika produk anda belum memiliki label, dan dalam pengajuannya terdapat persyaratan tersebut. Tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya untuk mendesain dan mencetak labelnya, bukan?

Mengurus Dokumen

Jika untuk mengurus dokumen memerlukan biaya sebagai bagian dari pengajuan izin, tentu saja bukan termasuk biaya pembuatan PIRT yang sesungguhnya. Adapun kelengkapan dokumen yang harus ada adalah pas foto pemohon, fotokopi KTP, denah lokasi tempat produksi, dan sampel rancangan label kemasan produk. Pada dokumen, wajib melampirkan surat keterangan berbadan sehat oleh Puskesmas yang ada disekitar tempat produksi. Setiap pekerja yang bersentuhan langsung dengan produksi wajib memilikinya, sebaga kelengkapan syarat. Tambahan lain adalah formulir pendaftaran dari Dinas Kesehatan dan fotokopi sertifikat pelatihan keamanan pangan.

Jenis Produk

Sebagai pengusaha UMKM, Anda harus mengetahui jenis produk mana saja yang dapat mengajukan perizinan PIRT. Pastinya tidak termasuk biaya pembuatan PIRT. Pasalnya, terdapat produk tertentu dan tidak wajib. Misalnya, produksi pangan yang tanpa proses sterilisasi, maupun pembekuan, produk pangan olahan hewani, diet khusus , dan keperluan medis. Dengan memahami ulasan tentang biaya pembuatan PIRT di atas, sekarang Anda dapat bernafas lega. Tidak perlu ragu lagi untuk mengurusnya, karena semuanya gratis. Perlu diingat saja bahwa semua biaya tersebut bukan untuk mengurus izin prinsip PIRT.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar