Cara Mengecek Sertifikat Halal MUI

Cara Mengecek Sertifikat Halal MUI

25 February 2022, Pukul 09:44
Admin
0 Komentar

3 Cara Mengecek Sertifikat Halal MUI, Mudah Dapat Dilakukan Sendiri

Kehalalan suatu produk penting bagi seorang muslim. Bukan hanya bahan, tetapi proses pengolahan sampai pengemasan harus dipastikan halal. Cara mengecek sertifikat halal MUI dapat dilakukan dengan beberapa cara yang cukup mudah. Majelis Ulama Indonesia atau MUI mempunyai kewenangan untuk menyatakan suatu produk halal atau tidak. Pemberian status ini berdasarkan pengecekan dan pemantauan. Hal ini untuk memberi rasa tenang pada konsumen ketika menggunakan suatu produk, khususnya umat Islam. Sertifikat halal MUI menunjukkan status produk tersebut.

Pentingnya Sertifikat Halal dalam Produk

Cara mengecek sertifikat halal MUI memberi kemudahan bagi umat muslim untuk mengetahui suatu status hukum suatu produk. Kepastian hukum akan membuat konsumen menjadi tenang mengingat dalam ketentuan Islam hanya boleh menggunakan produk halal. Ajaran Islam mempunyai ketentuan bahwa produk harus sesuai syariat. Jika sudah sesuai, dapat dipastikan bahwa produk pasti halal. Hal ini akan membuat konsumen yakin dan potensial melakukan repeat order atau menggunakannya kembali. Untuk produk yang telah lulus uji MUI, maka logo halal pasti dicantumkan pada kemasan. Namun hal ini tidak langsung membuat konsumen yakin karena masih ada indikator lain yang perlu dicek. Cara mengecek sertifikat Halal MUI memudahkan masyarakat untuk memastikan status hukum suatu produk.

Cara Mengecek Sertifikat Halal MUI Pada Produk

MUI memfasilitasi masyarakat untuk mengakses informasi kehalalan produk secara mudah. Kemudahan ini dapat menghilangkan kekhawatiran konsumen ketika akan menggunakan suatu produk. Bagi industri makanan, minuman, dan kosmetik, sertifikat halal MUI menjadikan produknya tetap dipercaya konsumen Muslim. Cara mengecek sertifikat halal MUI dapat langsung maupun melalui bantuan call center. Akses yang mudah menghilangkan alasan untuk tidak menggunakan produk karena ragu kehalalannya. Berikut caranya:

    1. Menggunakan Nomor Sertifikat Halal

    Jumlah penduduk muslim Indonesia yang mayoritas menjadi target pasar besar bagi produk makanan, minuman dan kosmetik. Meski MUI sudah memberikan cara mudah untuk mengajukan sertifikat halal, namun tetap ada oknum yang memalsukan logo. Setiap produk yang telah lolos uji halal akan mendapat sertifikasi. Nomor yang tertera merupakan identitas untuk produk. Cara mengecek sertifikat halal MUI dapat menghilangkan keraguan tersebut konsumen pada keabsahan sertifikasi halal. Konsumen dapat memastikan status halal produk dengan memasukkan nomor sertifikat pada situs milik MUI. Nomor sertifikat halal terdiri dari 14 digit. Deret tersebut mewakili kode wilayah LPPOM, jenis produk, nomor urut dan bulan tahun sertifikat dikeluarkan. Dua nomor awal menunjukkan kode wilayah dimana sertifikasi produk mencakup 34 wilayah. Nomor urut ketiga dan empat menunjukkan jenis produk. Enam urutan berikutnya mengidentifikasi nomor sertifikasi. Empat urutan terakhir menyatakan bulan dan tahun. Cara mengecek sertifikasi halal MUI harus memperhatikan nomor ini. Masa berlaku sertifikat halal adalah dua tahun dan akan kedaluwarsa apabila tidak diperpanjang. Produsen harus mendaftarkan ulang untuk mendapatkan nomor sertifikat yang baru. Langkahnya untuk pengecekan sebagai berikut:

    1. a. Masuk ke situs halal.org
    2. b. Berikutnya ketikan nama produk atau produsen di kolom pertama
    3. c. Kemudian tulis nomor sertifikat
    4. d. Klik Cari
    5. e. Jika tidak muncul informasi kemungkinan produk tersebut belum mendapatkan sertifikat halal.
2. Cara Kedua Melalui Call Center LPPOM

Adanya Call Center merupakan komitmen untuk memberi kemudahan cara mengecek sertifikat halal MUI. Untuk dapat mengakses layanan ini, lakukan beberapa langkah berikut:

  1. a. Untuk pertama, call nomor 14056
  2. b. Kemudian sampaikan detail informasi tentang produk yang ingin di cek
  3. c. selanjutnya petugas akan menelusuri produk berdasarkan informasi yang konsumen
3. Melalui aplikasi Halal MUI

Aplikasi ini tersedia di Android dengan gratis. Pengecekan melalui aplikasi tidak harus dengan memasukkan data apapun. Cukup scan barcode yang ada pada kemasan produk. Cara mengecek sertifikat halal MUI merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi kehalalan produk secara akurat. Selain status produk, pengecekan juga dapat digunakan untuk mengetahui lokasi pendaftaran dan kapan masa berlaku habis.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar