Yuk Intip Bagaimana Cara Perpanjang Sertifikat Halal

Yuk Intip Bagaimana Cara Perpanjang Sertifikat Halal

25 March 2022, Pukul 09:16
Admin
0 Komentar

Di dalam kehidupan sehari-hari konsumen pasti menginginkan produk baik itu makanan, obat-obatan maupun kosmetik aman dan bersertifikat halal. Oleh karena itu, sebagai produsen harus mengetahui cara mengurus sertifikat halal MUI online.

Sertifikat halal menyatakan suatu produk itu tidak mengandung hal-hal yang bersifat haram. Artinya, bahan dan pengolahan produk menggunakan prosedur sesuai syariat Islam.

8 Cara Mengurus Sertifikat Halal MUI Online

Ulasan berikut ini akan memberikan informasi bagaimana cara mengurus sertifikat halal MUI online. Berdasarkan Undang-Undang No. 33 tahun 2014 mengatur bahwa semua produk yang ada di Indonesia wajib memiliki sertifikat halal.

  1. 1. Mengetahui Persyaratan Dan Mengikuti Pelatihan SJH (Sistem Jaminan Halal)
  2. Perusahaan sebagai produsen wajib memahami apa saja persyaratan untuk sertifikasi halal sesuai dengan HAS 23000. Selain itu, harus ikut serta dalam pelatihan SJH.

    LPPOM MUI yang bertugas dalam menyelenggarakan pelatihan tersebut. Adapun cara mengurus sertifikat halal MUI online harus mengikuti baik pelatihan regular ataupun e-training.

  3. 2. Cara Mengurus Sertifikat Halal MUI Online Dengan Mengaplikasikan SJH
  4. Sebelum mendaftar sertifikat halal maka sebaiknya telah menerapkan SJH terlebih dahulu. Hal ini meliputi menetapkan kebijakan halal, menetapkan tim manajemen halal dan pembuatan manual SJH.

    Cara mengurus sertifikat halal MUI online juga harus menyiapkan prosedur yang berkaitan dengan SJH, pelaksanan pelatihan dan internal audit. Demi memperlancar semua prosesnya LPPOM MUI telah menyediakan dokumen pedoman.

  5. 3. Menyiapkan Dokumen file
  6. Perusahaan menyiapkan berbagai macam dokumen seperti daftar produk, dokumen bahan, daftar bahan, matriks produk, dan daftar penyembelih khusus untuk RPH. Selain itu, ada juga diagram alur proses, alamat, bukti sosialisasi kebijakan halal, audit dan pelatihan internal.

  7. 4. Mendaftarkan Sertifikasi Halal
  8. Proses pendaftaran bisa secara online melalui website www.e-lppommui.org. Cara mengurus sertifikat halal MUI online selanjutnya adalah melengkapi data termasuk di dalamnya status sertifikat apakah baru atau perpanjangan.

    Langkah selanjutnya adalah mengisi data dan melengkapi status SJH apabila ada. Mencantumkan jenis bisnis atau industri yang dimiliki sekaligus melengkapi berkas lainnya. Langkah berikutnya adalah mengecek kelengkapan berkas.

  9. 5. Melakukan Monitoring Dan Pembayaran
  10. Cara mengurus sertifikat halal MUI online setelah mengupload semua data adalah perusahaan harus menyelenggarakan monitoring pre audit. Jadwal melakukan monitoring sebaiknya dilakukan setiap hari.

    Selain itu, juga harus membayar dan menandatangani akad sertifikasi. Sebelumnya perusahaan mengunduh terlebih dahulu akadnya di Cerol. Setelah itu, menunggu persetujuan dari bendahara LPPOM MUI melalui alamat email bendaharalppom@halalmui.org.

    Seseorang mengeluarkan biaya untuk keperluan audit, penilaian terkait sistem jaminan halal dan biaya sertifikasi. Selain itu, cara mengurus sertifikat halal MUI online membutuhkan biaya untuk publikasi di jurnal halal.

  11. 6. Melaksanakan Audit
  12. Proses audit berlaku di semua fasilitas yang berkaitan dengan produksi barang dan telah disertifikasi. Petugas yang melakukan audit biasanya langsung di tempat produksi. Misalnya seseorang menjalankan bisnis restoran maka audit langsung di restoran.

  13. 7. Monitoring Pasca Audit
  14. Cara mengurus sertifikat halal MUI online harus melakukan monitoring kembali pasca audit. Frekuensi monitoring sebaiknya setiap hari. Tujuannya agar bisa memperbaiki jika terdapat ketidaksesuaian di hasil audit.

  15. 8. Mendapatkan Sertifikasi Halal
  16. Setelah semua prosesnya selesai maka langkah berikutnya mengunduh sertifikat halal yang terdapat di menu download SH. Apabila memerlukan sertifikat cetak maka bisa mengambil di kantor LPPOM terdekat.

    Cara mengurus sertifikat halal MUI online sangatlah mudah. Pelaku usaha harus mengikuti prosedur yang ada agar LPPOM MUI bisa menerbitkan sertifikat halal untuk produk yang diajukan.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar