Ini Dia 6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri Yang Efektif

Ini Dia 6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri Yang Efektif

25 March 2022, Pukul 09:16
Admin
0 Komentar

Saat berbisnis penting mengetahui cara mengelola keuangan usaha sendiri. Dengan demikian, sewaktu-waktu dapat mengecek kondisi perusahaan apakah dalam kondisi baik atau tidak. Selain itu, menjaga aliran dana agar tidak kebocoran.

Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri

Cara mengatur keuangan sebuah usaha tentu berbeda dengan keuangan milik pribadi. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha harus mengetahui bagaimana mengatur keuangan dengan baik agar tidak mengalami kerugian.

Mencatat Pengeluaran

Cara mengelola keuangan usaha sendiri harus rajin mencatat uang masuk dan keluar. Pastikan pengusaha hanya membelanjakan uang untuk keperluan yang penting saja sehingga bisa menekan pengeluaran.

Rencanakan setiap pengeluaran dengan matang dengan membuat skala prioritas. Caranya dengan membuat catatan pengeluaran lalu menganalisis benefit yang didapatkan dari uang yang dikeluarkan.

Cara mengelola keuangan usaha sendiri sebaiknya tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Hal ini akan membahayakan kondisi keuangan jika sewaktu-waktu kekurangan modal.

Memisahkan Uang Milik Perusahaan Dan Pribadi

Sebagai pemilik usaha harus memisahkan antara uang pribadi dan perusahaan. Pasalnya kedua uang tersebut berbeda meskipun usaha yang berjalan masih kecil.

Cara mengelola keuangan usaha sendiri jika mencampurnya menjadi satu maka akan kesulitan membedakan uang perusahaan saat audit. Parahnya jika tidak sengaja menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi maka lama-lama keuangan akan defisit.

Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri Dengan Melakukan Pemutaran Arus Kas

Pelaku bisnis harus pandai dalam memutar arus kas yang ada. Pastikan tidak hanya fokus pada keuntungannya saja melainkan juga harus memperhatikan hutang piutang maupun persediaan.

Cara mengelola keuangan usaha sendiri pada putaran kas akan melambat apabila besarnya kredit lebih lama daripada kapan waktu belanja barang. Jika memang harus menyimpan stok barang maka pastikan penjualan kredit minimal sama dengan pembelian kredit.

Menghemat Pengeluaran

Perhatikan juga bahwa hemat berbeda dengan pelit. Pelaku usaha harus memberlakukan sikap disiplin dalam menghemat pengeluaran. Hal ini akan menyelamatkan usaha dari kebangkrutan saat pendapatan perusahaan sedang menurun.

Cara mengelola keuangan usaha sendiri maka harus membuat perencanaan dengan matang agar terhindar dari kerugian. Misalnya ingin membuka cabang usaha baru maka persiapkan

modal yang cukup dan mulai sisihkan uang dari keuntungan usaha.

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Catat semua jenis tagihan dan membayarnya tepat pada waktunya. Usahakan jangan sampai terlambat agar keuangan bisnis dapat terjaga dengan baik. Misalnya dengan membuat alarm pengingat setiap bulan.

Melakukan Pembukuan

Cara mengelola keuangan usaha sendiri harus memiliki pembukuan yang lengkap. Oleh karena itu, pastikan jangan lupa melakukan pencatatan setiap kali bertransaksi. Dengan demikian, pengeluaran dalam bisnis dapat terkontrol dengan baik.

Apalagi saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat sehingga sangat membantu proses pembukuan. Adanya laptop, gadget dan internet kini mendukung proses pembukuan bisa lebih cepat. Hal ini dikarenakan pembukuan bisa dikerjakan di mana saja

Cara mengelola keuangan usaha sendiri kini semakin mudah dengan adanya alat bantu misalnya software akuntansi. Kehadiran software tersebut mempercepat seseorang dalam membuat laporan keuangan perusahaan.

Hal ini menuntut para pemilik usaha untuk melek teknologi. Selain memiliki smartphone juga wajib bisa mengoperasikan komputer dan aplikasi di dalamnya. Misalnya microsoft excel, aplikasi pencatat transaksi dan lain-lain.

Cara mengelola keuangan usaha sendiri di atas jika dipraktekkan dengan baik maka bisa menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan. Pasalnya, keuangan yang dikelola dengan baik maka pengeluaran dan pemasukan dapat dikontrol dengan mudah.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar